Prosedur Pengajuan Pendaftaran BPJS PBI Pemerintah Melalui Desa Dan Puskesmas Menyulitkan Masyarakat


                                (Ilustrasi)

Mediapintara.net-Kab.Tangerang,Polemik prosedur pendaftaran BPJS PBI melalui desa dan puskesmas menyulitkan masyarakat bawah yang ingin memiliki dan menikmati fasilitas BPJS kesehatan PBI pemerintah.

Hal ini dikarenakan sulit nya masyarakat yang ingin melakukan pengajuan pendaftaran BPJS KIS PBI pemerintah diwilayah kabupaten tangerang.

Salah satu yang menjadi penyebab sulitnya masyarakat yang ingin mendaftar BPJS PBI pemerintah adalah karena pihak Dinas sosial hanya menerima yang bersifat urgensi dan melampirkan surat dari rumah sakit.

Sementara itu untuk yang tidak urgensi akan diarahkan ke desa dan puskesmas,namun faktanya desa dan puskesmas tidak mau menerima berkas pengajuan dari masyarakat dan saling lempar.

Menurut staff Dinsos Endang menyampaikan "Operator desa/kelurahan setiap bulannya bisa mengusulkan PBI melalui aplikasi SIKSng,Kayaknya mereka sudah faham
Hanya saja untuk usulan PBI dari pemerintah daerah itu melalui Puskesmas",saat dihubungi via whatsapp pada senin (04/03/2024) kemarin.

Salah satu masyarakat Renan menyampaikan "pak saya ngurus bpjs kan harus melampirkan surat keteran dokter tapi sangat mahal kurang lebih dipinta sampe lima ratus ribu untuk mendapatkan surat keterangan dokter ini pak",ungkapnya pada awak media.

Sementara itu kepala dinas sosial  yang dihubungi via pesan whatsapp pada 04/03/2024 tidak menjawab dan tidak memberikan tanggapan apa pun terkait permasalahan ini.

Salah satu oprator desa yang tidak mau disebutkan namanya mengatakan "saya bingung dan tidak mengerti pak antara mengajukan atau mendaftarkan sementara tidak ada sosialisasi yang diberikan untuk oprator desa mengenai pengajuan pendaftaran BPJS PBI pemerintah"jelasnya pada (05/03/2024) kemarin.

Hingga berita ini di terbitkan awak media masih menunggu tanggapan dari pihak dinas soasial dan dinas kesehatan kabupaten tangerang.

(Red).

Lebih baru Lebih lama